Fruity Peach Heart -*- Nailiz Menulis -*-: Hati-hati Googling
Inspirasi Nailiz

Googling Googling dan Googling ... kebiasaann ini sudah menjamur di kalangan masyarakat tek terkecuali di Indonesia. Ada informasi yang menyatakan bahwa google.com dapat menyebabkan kebodohan. Hal tersebut berdasarkan studi yang dilakukan oleh Betsy Sparrow dari Columbian University tentang ‘GoogleEffects οn Memory: Cognitive Consequenses οf Having Information аt Oυr Fingertips' (diambil dari : http://newscatcher.tk/google-menyebabkan-kebodohan).


Berita tersebut menggelitik saya untuk mengoreksi diri saya karena saya merasa juga sering akses google.com. Bagi saya google.com adalah candu, karena semakin berkembangnya teknologi, banyak fasilitas yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. seperti google.com sendiri adalah salah satu mesin pencari yang disediakan untuk mempermudah seseorang/kelompok mencari suatu informasi dari internet. Karena kesibukan dan pola kerja masyarakat akhirnya google.com menjadi alternatif untuk mencari apa yang dibutuhkan. Mudahnya akses google.com menjadikan orang-orang selalu mengandalkan mesin pencari itu untuk memcari suatu informasi, seolah seperti candu semakin banyak manusia yang mengakses google.com. Mengapa demikian? tidak hanya sebagai mesin pencari, google juga menyediakan layanan-layanan lain yang berjumlah 54 layanan (diambil dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Layanan_Google).


Jika seseorang sudah kecanduan/ketagihan, bisa jadi selalu ketergantungan dengan alat tersebut dan efeknya tergantung dari sang pengguna layanan ini, diantaranya adalah,
  1. Jika tidak menemukan informasi, sekarang tidak lari ke buku lagi tapi ke google.com ya walaupun ada sebagian yang masih mencari sumber lewat buku karena tuntutan tidak bisa mengakses internet (gaptek) atau tugas sekolah/kuliah yang harus menggunakan referensi buku. Jadi ada hobi khusus untuk selalu membuka google.com (emang google.com ngangenin yah, karena banyak orang yang ingat).
  2. Disamping google.com itu ngangenin, dia pandai merayu. Loh kok bisa? iya sering kita lihat setiap kita menulis di kolom search engine pasti di bawahnya muncul tulisan-tulisan penawaran dari google.com, disamping itu ketika kita paksa untuk mencari apa yang kita inginkan dan ternyata menurut google.com tulisannya kurang benar, pasti dia langsung tulis (mungkin maksud anda ... bla bla bla), ngerayu banget bukan? tapi itu juga termasuk kehebatan layanan google.
  3. Hanya sebagian yang aku ulas, tidak hanya itu layanan google yang lain seperti penyedia e-mail atau adsense dan yang lainnya merupakan semua fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Harapannya bagi semuanya agar bisa sadar diri dan menghimbau kepada yang lainnya agar tidak membekukan otak ketika mengakses di google. Maksudnya adalah tidak hanya untuk kebutuhan sesaat namun informasi yang di dapat dari google setidaknya bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita.

0 Responses

Posting Komentar